Cara Bayar Iconnet Lewat ATM, MBanking, E-Wallet dan Alfamart

Diposting pada

Ketika sudah berlangganan penyedia layanan internet dari PT PLN ICON Plus (Iconnet), nantinya pelanggan perlu bayar tagihan setiap bulannya. Baik membayar Iconnet lewat mesin ATM, Mobile Banking, E-Wallet maupun di toko seperti Alfamart dan Indomaret.

Iconnet atau biasa disebut sebagai Stroomnet PLN memang menyediakan beberapa metode pembayaran tagihan agar memudahkan pelanggan. Namun bagaimana cara bayar Iconnet untuk masing-masing metode? Serta apa saja syarat dan berapa biaya admin nya?

Selain mengetahui syarat dan biaya admin, kalian juga perlu ketahui batas waktu pembayaran Iconnet bisa dilakukan mulai tanggal berapa dan maksimal tanggal berapa. Sehingga ketika mencoba salah satu cara bayar Iconnet kalian tidak akan dikenakan denda keterlambatan maupun adanya layanan internet di isolir.

Oleh karena itu, Koneksinet.com akan menyajikan tutorial cara bayar Iconnet untuk semua metode tersedia beserta syarat, batas waktu pembayaran dan besaran biaya administrasi nya. Namun sebelum masuk lebih jauh, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu pembayaran Iconnet bisa lewat apa saja berikut ini.

Bayar Iconnet Bisa Lewat Apa Saja

Cara Bayar Iconnet Lewat ATM, MBanking, E Wallet dan Alfamart
Source: facebook.com

Sesuai dengan informasi yang berhasil kami rangkum dari website resmi, bayar tagihan maupun pemasangan baru dapat dibayarkan melalui nomor Virtual Account Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI maupun lewat toko offline seperti Alfamart dan Indomaret.

Disamping itu, pelanggan juga bisa membayar Iconnet lewat aplikasi E-Wallet atau dompet digital yang bisa diakses lewat PLN Mobile di ponsel Android dan iPhone. Bayar Iconnet juga bisa dilakukan lewat aplikasi E-Commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Sehingga bagi kalian pelanggan yang bertanya mengenai apakah bisa membayar Iconnet lewat DANA, LinkAja, GoPay atau OVO, maka jawabannya bisa. Serta bagi kalian yang bertanya apakah bisa bayar Iconnet di Alfamart, mesin ATM atau aplikasi Mobile Banking, maka jawabannya juga bisa.

Ketersediaan beberapa metode bayar tersebut tentunya bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam melakukan bayar tagihan setiap bulannya. Sehingga dapat mengurangi atau mencegah adanya keterlambatan bayar.

Nah setelah ketahui apa saja metode bayar Iconnect PLN, beberapa pelanggan tentunya juga ingin ketahui tagihan Iconnect PLN per tanggal berapa? Untuk ketahui ketentuan bayar Iconnect per tanggal berapa, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Tagihan Iconnet Per Tanggal Berapa

Tagihan Iconnet Per Tanggal Berapa
Source: oolean.id

Berbicara mengenai waktu pembayaran tagihan Iconnet per tanggal berapa, dapat kami Informasikan bahwa batas waktu pelanggan membayar tagihan Iconnet setiap bulan yaitu tanggal 15. Sehingga bayar Iconnet sudah dapat dilakukan sebelum tanggal 15 setiap bulannya.

Ketika pelanggan tidak membayarkan tagihan Iconnet secara tepat waktu sampai batas akhir pembayaran setiap bulan, maka akan mendapatkan layanan masa tenggang selama 1 hari setelah jatuh tempo masa aktif. Kemudian apabila pelanggan masih juga belum bayar tagihan setelah lewat masa tenggang, maka pelanggan dinyatakan telah melakukan terminasi.

Syarat Bayar Tagihan Iconnet

Syarat Bayar Tagihan Iconnet
Source: harga.web.id

Tidak berbeda jauh dengan penyedia layanan internet rumah lainnya, pihak Iconnet PLN juga memberlakukan beberapa syarat bagi pelanggan ketika akan membayarkan tagihan. Dimana beberapa syarat bayar tagihan Iconnect diantaranya sebagai berikut:

  • Sudah berlangganan atau aktif sebagai pengguna layanan internet rumah Iconnet.
  • Mengetahui nomor ID Pelanggan layanan internet rumah Iconnet.
  • Tanggal cetak tagihan Iconnet per bulan sudah muncul (ditagih kan).
  • Menyiapkan sejumlah uang tunai, saldo rekening, saldo E-Wallet yang mencukupi nominal bayar.
  • Bayar Iconnet secara online dan beberapa gerai offline dapat dilakukan apabila pelanggan belum melebihi batas jatuh tempo (maksimal telat 1 hari atau sebelum pelanggan kena sanksi).

Nah setelah ketahui beberapa informasi di atas, batas tanggal jatuh tempo dan apa saja syaratnya, sekarang bagaimana cara membayarkan Iconnet PLN? Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Bayar Iconnet

Pada artikel kali ini, Koneksinet.com akan merangkum berbagai metode pembayaran tersedia di Iconnet. Misalnya bayar tagihan melalui aplikasi PLN Mobile, MBanking, E-Wallet, E-Commerce maupun melalui mesin ATM dan gerai toko. Berikut adalah cara bayar Iconnet semua metode tersedia:

Lewat PLN Mobile

Lewat PLN Mobile
Source: money.kompas.com

Perlu kami tegaskan, bahwa melakukan bayar Stroomnet lewat PLN Mobile sebenarnya hanya untuk mendapatkan nomor VA atau kode pembayaran sesuai dengan metode dipilih. Walaupun begitu, ada beberapa metode bayar juga yang sudah terintegrasi dengan aplikasi pembayaran langsung.

Salah satunya yaitu ketika kalian pilih metode bayar pakai saldo E-Wallet. Berikut adalah cara membayarkan Iconnet lewat aplikasi PLN Mobile di HP Android maupun iPhone:

  1. Buka Aplikasi PLN Mobile
    Langkah pertama silahkan jalankan aplikasi PLN Mobile di Smartphone Android maupun iOS. Pastikan perangkat sudah terhubung ke jaringan internet dan versi aplikasi PLN Mobile sudah diperbarui.
  2. Login Akun PLN Mobile
    Langkah kedua silahkan lakukan login ke akun PLN Mobile menggunakan akun Google atau metode login tersedia lainnya. Pastikan akun PLN Mobile tersebut sudah ditambahkan ID Pelanggan atau Nomor Meter Iconnet.
  3. Pilih Menu Iconnet
    Langkah ketiga silahkan masuk ke menu Iconnet di PLN Mobile. Yaitu dengan cara ketuk tombol Iconnet di halaman utama aplikasi PLN Mobile.
  4. Ketuk Layanan
    Langkah keempat silahkan masuk ke tampilan layanan Iconnet. Yaitu dengan cara ketuk tombol Layanan di bagian bawah. Sehingga nantinya kalian bisa melihat keterangan jatuh tempo, nominal dan lain sebagainya.
  5. Cek Tagihan Iconnet
    Selanjutnya silahkan lakukan cek tagihan Iconnet dengan nomor atau ID Pelanggan tersebut, pastikan nominal Iconnet sudah sesuai.
  6. Ketuk Bayar
    Setelah itu silahkan masuk ke halaman pembayaran. Yakni dengan cara ketuk tombol Bayar.
  7. Pilih Metode Bayar
    Kemudian silahkan cari dan pilih metode bayar tersedia dan diinginkan. Misalnya dengan pilih metode bayar pakai saldo rekening bank, dompet digital, Alfamart maupun Indomaret.
  8. Dapatkan Nomor Virtual Account
    Lalu silahkan dapatkan nomor VA bayar Iconnet apabila kalian pilih metode transfer bank, Alfamart atau Indomaret. Silahkan salin atau simpan nomor virtual account pembayaran Iconnet tersebut.

Nah setelah mendapatkan nomor VA Iconnet, silahkan lakukan pembayaran menggunakan metode berikut ini.

Lewat E-Wallet

Lewat E Wallet
Source: facebook.com

Pembayaran Iconnet lewat akun E-Wallet bisa dilakukan langsung ketika kalian membuka aplikasi PLN Mobile. Pasalnya pada beberapa perangkat Smartphone, PLN Mobile sudah tersambung dengan aplikasi dompet digital seperti LinkAja, OVO, GoPay dan lainnya. Sedangkan bagi kalian yang akan membayar Iconnet lewat aplikasi E-Wallet, kalian bisa gunakan tutorial berikut ini:

  • Buka Aplikasi E-Wallet
    Langkah pertama silahkan masuk ke aplikasi dompet digital dipilih, pastikan akun E-Wallet tersebut masih memiliki saldo mencukupi total tagihan Iconnet.
  • Pilih Menu Transfer
    Langkah kedua silahkan buka menu Transfer, yaitu dengan cara ketuk tombol Transfer di halaman utama E-Wallet.
  • Cari dan Pilih Rekening Bank
    Langkah ketiga silahkan cari dan pilih nama bank penerima (pastikan kalian sudah ketahui nama bank yang sudah didapatkan nomor VA nya).
  • Masukkan Nomor VA Iconnet
    Selanjutnya masukkan nomor VA Iconnet di kolom tersedia, yaitu dengan tempel kode VA yang sudah disalin maupun dengan ketik kode VA secara manual.
  • Masukkan Nominal Tagihan
    Kemudian silahkan masukkan nominal bayar, pastikan nominal bayar sesuai dengan tagihan (beserta denda jika ada).
  • Selesaikan Bayar
    Setelah itu lanjutkan bayar tagihan menggunakan saldo di akun E-Wallet tersebut.

Lewat Mesin ATM

Lewat Mesin ATM
Source: akseleran.co.id

Cara bayar Iconnet lewat mesin ATM bisa kalian coba untuk Bank BRI, Mandiri, BNI maupun beberapa bank lainnya. Berikut adalah cara membayar Iconnet lewat mesin ATM:

  • Kunjungi Mesin ATM Terdekat
    Langkah pertama silahkan kunjungi mesin ATM terdekat. Pastikan kalian sudah memiliki ATM masih aktif serta ketahui PIN ATM tersebut.
  • Masukkan Kartu dan PIN ATM
    Langkah kedua silahkan masukkan kartu dan PIN ATM. Pastikan juga mesin ATM digunakan pembayaran Iconnet sedang online.
  • Masuk ke Menu Bayar atau Beli
    Langkah ketiga masuk ke menu pembayaran di mesin ATM, yaitu dengan cara ketuk tombol Bayar atau Beli.
  • Pilih Menu Lainnya
    Langkah keempat cari dan pilih menu lain di halaman bayar, Sehingga nantinya kalian bisa menemukan opsi bayar tagihan internet dan TV kabel.
  • Pilih Opsi INTTV
    Selanjutnya silahkan menuju ke halaman bayar internet dan TV kabel di mesin ATM. Yaitu dengan cara ketuk tombol INTTV.
  • Masukkan Kode Perusahaan
    Setelah itu masukkan kode perusahaan Iconnet, yaitu dengan cara ketik kode 89450, atau pilih Iconnet.
  • Masukkan Nomor VA Iconnet
    Kemudian silahkan masukkan nomor VA Iconnet atau nomor ID pelanggan (sesuaikan dengan metode pembayaran atau mesin ATM)
  • Selesaikan Bayar
    Nah setelah memasukkan nomor VA Iconnet, silahkan selesaikan pembayaran tagihan pakai saldo rekening bank tersebut.

Lewat Mobile Banking

Lewat Mobile Banking
Source: bhinneka.com

Cara bayar Iconnet melalui Mobile Banking dapat dicoba menggunakan aplikasi Livin Mandiri, BRImo maupun beberapa MBanking lainnya. Berikut adalah cara membayarkan Iconnet lewat Mobile Banking:

  • Buka Aplikasi MBanking
    Langkah pertama silahkan buka aplikasi MBanking sesuai bank digunakan.
  • Login Akun MBanking
    Langkah kedua melakukan login ke akun MBanking, pastikan juga masih tersedia saldo di rekening bank tersebut.
  • Pilih Menu Bayar
    Langkah ketiga masuk ke halaman bayar di MBanking, yakni dengan cara ketuk menu Bayar di halaman utama aplikasi.
  • Buat Pembayaran Baru
    Langkah keempat masuk ke halaman bayar baru di MBanking, yaitu dengan cara ketuk tombol Pembayaran Baru (hal ini perlu disesuaikan dengan aplikasi MBanking).
  • Pilih Bayar Internet
    Selanjutnya silahkan masuk ke halaman bayar tagihan Internet, yaitu dengan cara pilih fitur pembayaran layanan internet rumah.
  • Cari Penyedia Iconnet
    Setelah itu cari dan pilih penyedia layanan internet rumah atau Wifi Iconnet. Kalian juga dapat ketik kode perusahaan Iconnet 89450.
  • Masukkan Nomor VA
    Selanjutnya masukkan nomor VA bayar tagihan yang didapatkan sebelumnya, pastikan nomor VA sudah sesuai MBanking digunakan.
  • Konfirmasi Bayar
    Kemudian silahkan konfirmasi pembayaran Iconnet dengan cara ketuk tombol Bayar, lalu masukkan PIN MBanking.

Lewat Alfamart

Lewat Alfamart
Source: zonkeu.com

Cara bayar Iconnet melalui gerai Alfamart bisa dilakukan dengan memberitahu kasir bahwa kalian akan melakukan pembayaran DOKU Iconnet. Setelah itu sebutkan nomor pembayaran atau Virtual Account Iconnet. Cara membayar Iconnet melalui gerai Alfamart adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi Alfamart Terdekat
    Langkah pertama silahkan kunjungi gerai Alfamart terdekat disekitar domisili kalian, pastikan juga gerai Alfamart tersebut menyediakan metode bayar tagihan online.
  • Beritahu ke Kasir Alfamart
    Langkah kedua temui kasir dan beritahu bahwa kalian akan melakukan pembayaran Iconnet.
  • Berikan Nomor Bayar
    Setelah itu, berikan nomor VA bayar atau ID Pelanggan (sesuaikan dengan permintaan kasir Alfamart).
  • Bayar Tagihan
    Kemudian setelah kasir berhasil mengecek tagihan, silahkan bayar sesuai dengan nominal tertera.
  • Simpan Bukti Bayar
    Nah setelah berhasil membayar, nantinya kalian akan mendapatkan bukti berupa struk pembayaran atau belanja di Alfamart.

Lewat Indomaret

Lewat Indomaret
Source: fortuneidn.com

Cara bayar Iconnet melalui gerai Indomaret dapat dilakukan dengan memberitahu kasir bahwa kalian akan melakukan pembayaran Stroomnet atau Iconnet. Setelah itu sebutkan nomor pembayaran atau Virtual Account Iconnet. Cara membayar Iconnet melalui gerai Indomaret adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi Indomaret Terdekat
    Langkah pertama silahkan kunjungi gerai Indomaret terdekat disekitar domisili kalian, pastikan juga gerai Indomaret tersebut menyediakan metode bayar tagihan online.
  • Informasi ke Kasir Indomaret
    Langkah kedua temui kasir dan beritahu bahwa kalian akan melakukan bayar tagihan Iconnet.
  • Beritahu Nomor Bayar
    Setelah itu, berikan nomor VA bayar atau ID Pelanggan (sesuaikan dengan permintaan kasir Indomaret).
  • Bayar Tagihan
    Kemudian setelah kasir berhasil mengecek tagihan, silahkan bayar sesuai dengan nominal tertera.
  • Dapatkan Bukti Bayar
    Nah setelah berhasil membayar, silahkan simpan bukti berupa struk pembayaran atau belanja di Indomaret.

Lewat E-Commerce

Lewat E Commerce
Source: facebook.com

Cara bayar Iconnet lewat aplikasi E-Commerce dapat dilakukan menggunakan menu bayar tagihan layaknya di aplikasi MBanking. Menggunakan cara ini kalian perlu ketahui nomor ID Pelanggan. Berikut adalah cara membayar Iconnet lewat E-Commerce:

  • Buka Aplikasi E-Commerce
    Langkah pertama silahkan jalankan aplikasi E-Commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak atau lainnya, pastikan juga kalian sudah login ke akun E-Commerce.
  • Masuk ke Menu Tagihan
    Langkah kedua buka menu Tagihan di aplikasi E-Commerce, yakni dengan cara ketuk menu Tagihan atau angsuran.
  • Pilih Internet & TV Kabel
    Langkah ketiga cari dan pilih layanan bayar internet dan TV Kabel di menu pembayaran tersebut.
  • Pilih Layanan Iconnet
    Langkah keempat cari dan pilih layanan bayar Iconnet, kalian bisa ketik nama penyedia layanan di kolom tersedia.
  • Masukkan ID Pelanggan
    Selanjutnya masukkan nomor meter atau ID Pelanggan Iconnet. Pastikan benar dalam mengetik ID Pelanggan Iconnet.
  • Ketuk Cek Tagihan
    Setelah itu, masuk ke halaman mengecek tagihan Iconnet, yakni dengan ketuk tombol Cek Tagihan di bagian bawah.
  • Lakukan Bayar
    Kemudian setelah melihat total nominal bayar, silahkan lakukan bayar menggunakan metode tersedia.

Biaya Admin Pembayaran Iconnet

Biaya Admin Pembayaran Iconnet
Source: instagram.com

Berbicara mengenai biaya admin bayar Iconnet, hal ini akan disesuaikan dengan metode dipilih. Namun umumnya biaya administrasi membayar Iconnet mulai dari Rp 2.500 sampai Rp 6.500. Biaya admin tersebut akan secara otomatis ditambahkan ke total bayar.

Sehingga total pembayaran Iconnet merupakan jumlah tagihan ditambah biaya admin. Sehingga setiap metode bayar bisa saja memiliki besaran pembayaran Iconnet yang berbeda-beda satu sama lainnya atau bahkan bisa saja bebas biaya.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa cara bayar Iconnet anti ribet bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile Banking, mesin ATM, E-Wallet, E-Commerce, toko Alfamart dan Indomaret. Ketika akan membayarkan Iconnet, pastikan kalian sudah menyiapkan ID Pelanggan maupun menyiapkan nomor virtual account dari masing-masing metode pembayaran dipilih.

Sekian artikel kali ini tentang cara membayar Iconnet secara mudah, cepat dan praktis. Semoga pembahasan di atas tentang cara membayarkan Iconnet secara online dan offline dapat bermanfaat bagi kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan